Sunday, May 21, 2017

Ulasan 1 (Operating System: Inter Process Communication: Message Passing Shared Memory)

Pendahuluan: Video ini diambil dari YouTube (http://youtu.be/dQE6BDNc3z0) dengan judul Operating System: Inter Process Communication: Message Passing Shared Memory. Video tersebut diunggah oleh akun saurabhschool berdurasi 8:04 dan telah ditonton sebanyak 69713 kali sejak ulasan ini ditulis.

Ringkasan: Video ini menjelaskan tentang pemahaman dasar mengenai konsep Inter Process Communication (IPC) yang ada pada Operating System (OS). Pada dasarnya process-process yang ada pada suatu OS terbagi menjadi dua: independent dan cooperating (dependent). Proses yang independent adalah yang bekerja terpisah tanpa terpengaruhi proses lain. Sementara cooperating process adalah proses yang membutuhkan satu sama lain untuk mencapai goal yang telah ditentukan untuk suatu proses tersebut. Selanjutnya, suatu proses juga "berkomunikasi" dengan proses lainnya untuk menyelesaikan suatu masalah dalam sistem dimana mereka berada layaknya bagaimana manusia berkomunikasi juga.

Pendapat: IPC dijelaskan secara mendasar dan komprehensif pada video ini. Konsep IPC dijelaskan dengan menganalogikan sistem yang ada pada komputer sebagai kehidupan manusia. Analogi-analogi yang digunakan dalam menjelaskan proses-proses tersebut berkomunikasi layaknya manusia berkomunikasi memudahkan penonton untuk memahami konsep IPC ini dalam OS.  Pembuat video ini juga menjelaskan dengan membuat ilustrasi sederhana seperti diagram kecil untuk memberi gambaran tentang bagaimana komunikasi proses itu bekerja. Video ini bagus untuk orang yang ingin belajar dasar-dasar OS akan tetapi agak sulit untuk memahami bahasa yang terlalu teknis.

Github Account : fakhriperdana
URL Ulasan : http://fakhriostalk.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-operating-system-inter-process.html
URL Video : http://youtu.be/dQE6BDNc3z0
Video Author : saurabhschool
Pemetaan : week03
Revisi Pertama : 22 Mei 2017
Revisi Terakhir : 22 Mei 2017

No comments:

Post a Comment